Quis 2 dan MID STMIK Pringsewu

SOAL QUIS II
1.      Jelaskan Arti Bahasa Indonesia?
“jawab”
Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan


2.      Jelaskan Fungsi Bahasa Indonesia?
“jawab”
1.        Fungsi bahasa secara umum :
1)          Sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan atau mengekspresikan diri. Melalui bahasa kita dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam hati dan  pikiran kita
2)          Sebagai alat komunikasi. Bahasa merupakan saluran maksud seseorang, yang melahirkan perasaan dan memungkinkan masyarakat untuk bekerja sama. Pada saat menggunakan bahasa sebagai komunikasi,berarti memiliki tujuan agar para pembaca atau pendengar menjadi sasaran utama perhatian seseorang. Manusia memakai dua cara berkomunikasi, yaitu verbal dan non verbal. Berkomunikasi secara verbal dilakukan menggunakan alat/media (lisan dan tulis), sedangkan berkomunikasi cesara non verbal dilakukan menggunakan media berupa aneka symbol, isyarat, kode, dan bunyi seperti tanda lalu lintas,sirene setelah itu diterjemahkan kedalam bahasa manusia
3)          Sebagai alat berintegrasi dan beradaptasi sosial. Pada saat  beradaptasi di lingkungan sosial, seseorang akan memilih bahasa yang digunakan tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi. Seseorang akan menggunakan bahasa yang non-formal pada saat  berbicara dengan teman dan menggunakan bahasa formal pada saat berbicara dengan orang tua atau yang dihormati.
4)    Sebagai alat kontrol Sosial. Yang mempengaruhi sikap, tingkah laku, serta tutur kata seseorang. Kontrol sosial dapat diterapkan  pada diri sendiri dan masyarakat.

2.        Fungsi bahasa secara khusus:
1)           Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari. Manusia adalah makhluk sosial yang tak terlepas dari hubungan komunikasi dengan makhluk sosialnya. Komunikasi yang  berlangsung dapat menggunakan bahasa formal dan non formal
2)           Mewujudkan Seni. Bahasa yang dapat dipakai untuk mengungkapkan perasaan melalui media seni khususnya dalam hal sastra. Terkadang bahasa yang digunakan yang memiliki makna denotasi atau makna yang tersirat. Dalam hal ini, diperlukan pemahaman yang mendalam agar bisa mengetahui makna yang ingin disampaikan.
3)           Mempelajari bahasa kuno. Dengan mempelajari bahasa kuno, akan dapat mengetahui peristiwa atau kejadian dimasa lampau. Untuk mengantisipasi kejadian yang mungkin atau dapat terjadi kembali dimasa yang akan datang, atau hanya sekedar memenuhi rasa keingintahuan tentang latar belakang dari suatu hal.
4)           Mengeksploitasi IPTEK. Pengetahuan yang dimiliki oleh manusia akan selalu didokumentasikan supaya manusia lainnya juga dapat mempergunakannya dan melestarikannya demi kebaikan manusia itu sendiri.

3.        Jelaskan Kedudukan Bahasa Indonesia?
“jawab”
1.      Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional
Fungsi Bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional:
Ø Bahasa Indonesia berfungsi sebagai Lambang kebanggaan kebangsaan
Bahasa Indonesia mencerminkan nilai – nilai sosial budaya yang mendasari rasa kebangsaan kita. Atas dasar kebanggaan ini , Bahasa Indonesia harus kita pelihara dan kita kembangkan. Serta harus senantiasa kita bina rasa bangga dalam menggunakan Bahasa Indonesia.
Ø Bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang identitas nasional
Indonesia dapat memiliki identitasnya apabila masyarakat pemakainya/yang menggunakannya membina dan mengembangkannya sehingga bersih dari unsur – unsur bahasa lain.
Ø Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat perhubungan antar warga, antar daerah, dan antar budaya
Dengan adanya Bahasa Indonesia kita dapat menggunakannya sebagai alat komunikasi dalam berinteraksi/berkomunikasi dengan masyarakat-masyarakat di daerah (sebagai bahasa penghubung antar warga, daerah, dan buadaya).
Ø Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat yang memungkinkan penyatuan berbagai – bagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasanya masing – masing kedalam kesatuan kebangsaan Indonesia.
Dengan bahasa Indonesia memungkinkan berbagai suku bangsa mencapai keserasian hidup sebagai bangsa yang bersatu dengan tidak perlu meninggalkan identitas kesukuan dan kesetiaan kepada nilai – nilai sosial budaya serta latar belakang bahasa daerah yang bersangkutan.

2.      Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara
Fungsi Bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa Negara:
Ø Bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan
Sebagai bahasa resmi kenegaraan , bahasa Indonesia dipakai didalam segala upacara, peristiwa dan kegiatan kenegaraan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.
Ø Bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa pengantar didalam dunia pendidikan
Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar yang digunakan di lembaga – lembaga pendidikan mulai dari taman kanak – kanak sampai dengan perguruan tinggi diseluruh Indonesia.
Ø Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan
Bahasa Indonesia dipakai bukan saja sebagai alat komunikasi timbal – balik antara pemerintah dan masyarakat luas, dan bukan saja sebagai alat perhubungan antar daerah dan antar suku , melainkan juga sebagai alat perhubungan didalam masyarakat yang sama latar belakang sosial budaya dan bahasanya.
Ø Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Bahasa Indonesia adalah satu – satunya alat yang memungkinkan kita membina dan mengembangkan kebudayaan nasional sedemikian rupa sehingga ia memikili ciri – ciri dan identitasnya sendiri ,yang membedakannya dari kebudayaan daerah.


4.        Jelaskan Bahasa Indonesia Berfungsi Sebagai Pemersatu dan Integritas?
“jawab”
Ø Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu
Bahasa Indonesia sebagai pemersatu Bangsa memiliki peranan yang sangat vital sekali karena digunakan sebagai alat perekat Nasionalis warga Indonesia untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Repulik Indonesia. Indonesia yang merupakan Negara kepulauan memiliki lebih dari 17ribu pulau pulau yang menyebar dari sabang hingga merauke., dengan total penduduk lebih dari 200juta jiwa. Dengan penduduk sebanyak itu, Indonesia dinobatkan sebagai Negara dengan penduduk terpadat ke4 didunia, yang mana peringkat pertama disandang oleh Negara Republic Rakyat China, kemudian India, dan ketiga Amerika. Dengan melihat wilayah indonesia yang sangat luas dengan berbagai pulaunya, maka tidak heran jika Negara indonesia memiliki keberagaman etnis dan budaya, yang tentu saja juga memiliki keanekaragaman bahasa. Dengan adanya keanekaragaman budaya dan bahasa tersebut, maka diperlukan bahasa pemersatu yang bisa membuat seluruh warga Negara di wilayah Indonesia bisa mengerti dan memahami satu sama lain.

Ø Bahasa Indonesia Sebagai Integritas
Bahasa sebagai alat integrasi digunakan untuk menyatukan berbagai ragam manusia yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Bahasa memungkinkan seseorang untuk merasa dirinya terikat dengan kelompok sosial yang dimasukinya, serta dapat melakukan semua kegiatan kemasyarakatan dengan dengan menghindar sejauh mungkin bentrokan-bentrokan untuk memperoleh efisiensi yang setinggi-tingginya. Bahasa memungkinkan integrasi (pembauran) yang sempurna bagi tiap individu dengan masyarakatnya (Gorys Keraf, 1997 : 5).



SOAL MID

1.      Jelaskan dengan menggunakan bahasa anda masing-masing maksud kalimat-kalimat berikut?
a.       Peran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pengembangan Ilmu?
“jawab”
Ilmu dan bahasa merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Bahasa berperan penting dalam upaya pengembangan dan penyebar luasan ilmu. Setiap penelitian ilmiah tidak dapat di laksanakan tanpa menggunaka bahasa.
Upaya-upaya pengenyebarluasan ilmu juga tidak mungkin dilaksanakan tanpa bahasa sebagai media komunikasi. Setiap forum ilmiah pasti menggunakan bahasa sebagai sarana utama.
b.      Peran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pengetahuan dan Teknologi?
“jawab”
Di era globalisasi ini dimana ilmu pengetahuan yang berkembang sangat pesat dan berbagai macam teknologi canggih bermunculan. Semua itu tidak akan bisa dicapai jika tidak adanya bahasa, oleh karena itu bahasa juga mempunyai peranan dalam ilmu pengetahuan. Fungsi bahasa sebagai alat interaksi tersebutlah yang tentu saja memberikan kemudahan bagi penyampain informasi itu sendiri yang pada akhirnya membuat berkembangya ilmu pengetahuan dan teknologi.
c.       Peran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Seni?
“jawab”
Bahasa dapat dirtikan sebagai sebuah perlambangan yang memberikan makna terhadap suatu konsep. Menurut Bloch dan Tragger (1942), bahasa merupakan sebuah kumpulan symbol vocal yang digunakan masyarakat social untuk berkomunikasi. Secara asas bahasa digunakan manusia untuk berhubungan antara satu sama lain. Meskipun begitu, lewat system bahasa, para pengkaji berupaya untuk mengenal system kehidupan budaya, adab, adat dan kosmologi masyarakat tersebut.

2.      Jelaskan kesalahan-kesalahan dalam penulisan kalimat-kalimat berikut. Kemudian, tuliskan kembali kalimat-kalimat tersebut dengan ejaan dan tanda baca yang benar.
a.       Tahun ini fero setiawan bertugas dikabupaten Pringsewu
“jawab”
Tahun ini Fero Setiawan bertugas di Kabupaten Pringsewu.

b.      Brigadir Jendral Norman baru saja dilantik menjadi Mayor Jendral.
“jawab”
Brigadir Jendral Norman baru saja di lantik mejadi Mayor Jendral.

c.       Jangan takut, Tuhan itu maha kuasa, maha baik, maha pengasih, dan maha penyayang.
“jawab”
Jangan takut, Tuhan itu Maha Kuasa, Maha Baik, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang.

d.      Semua orang harus bertrimakasih kepada Guru.
“jawab”
Semua orang bertimakasih kepada guru.

e.       Sebarluaskan berita ini kepada semua Pendekar.
“jawab”
Sebarluaskan berita ini kepada semua pendekar.

f.       Penanggung jawabkan perbuatanmu kepada tuhan.
“jawab”
Penanggungjawabkan perbuatanmu kepada Tuhan.

g.      Catur warga merupakan konsep ideal keluarga bahagia.
“jawab”
Catur warga merupakan konsep ideal Keluarga Bahagia.

h.      Inem dicubit solehudin disudut rumah.
“jawab”
Inem dicubit Solehudin disudut rumah.

i.        Diantara dua bukit terdapat Lembah yang Sangat Indah.
“jawab”
Diantara dua bukit terdapat lembah yang sangat indah.



0 Response to "Quis 2 dan MID STMIK Pringsewu"

Post a Comment

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel